Waspada ! Marak Klinik Tawarkan Tes Antigen Murah -->

Life

News

Waspada ! Marak Klinik Tawarkan Tes Antigen Murah

KABAR KARAWANG
Kamis

Jasa tes swab antigen dengan harga murah tengah menjamur di berbagai klinik di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Foto ilustrasi Saat seseorang Jalani Antigen

 Berbagai klinik ini melakukan perang harga dengan memasang baliho besar, dimulai dari harga Rp70 ribu. Warga mengakui jasa tes antigen dengan harga terjangkau sangat membantu di tengah melonjaknya angka penularan covid-19.

"24 jam pelayanan dan harganya terjangkau. Rata-rata antigen antre, cuma pelayanannya cepat. Sampai dapat hasilnya cuma 20 menitan. Tadi saya tes harganya Rp77 ribu," kata warga, Setyo dalam tayangan Primetime News Metro TV, Kamis, 1 Juli 2021.

Nyatanya, dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tahun 2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Tes Antigen-Swab berkisar pada Rp250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp270 ribu untuk luar Pulau Jawa.

"Itu kan peraturan di tahun 2020. Saat itu kita masih keterbatasan produk, cuma ada 4 produk yang memiliki izin edar, sekarang sudah lebih dari 90 yang lolos dari Kemenkes," ujar PLT Dirjen Farmalkes Kemenkes, Arianti Anaya.

Anaya mengingatkan agar warga lebih pintar memilih antigen yang telah memiliki izin dari Kemenkes. Ia pun menambahkan petugas harus melakukan pemeriksaan dengan baik pada alat kesehatan.

"Antigen ini adalah bagian dari alat kesehatan dan harus mengikuti perundang-undangan. Setiap alat kesehatan harus memiliki izin edar," jelas Anaya.***.

X
X
close