Antisipasi Keterbatasan Daerah, Pemerintah akan Memberlakukan Isolasi Terpusat -->

Life

News

Antisipasi Keterbatasan Daerah, Pemerintah akan Memberlakukan Isolasi Terpusat

KABAR KARAWANG
Senin

Pemerintah akan mendorong penerapan isolasi terpusat bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19. Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin setelah Rapat Terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai Penanganan Pandemi COVID-19, Senin (21/06/2021) melalui virtual.

“Jika dimungkinkan untuk isolasi mandiri, maka akan dilakukan isolasi mandiri. Namun jika tidak akan dilakukan isolasi terpusat. Jika memang daerahnya padat, maka akan dilakukan isolasi terpusat,” kata Menkes Budi.

Ia mengatakan Presiden Jokowi juga memberikan arahan isolasi terpusat itu harus tersebar sebanyak mungkin ke daerah-daerah tersebut. Baik kecamatan maupun kelurahan, sehingga meringankan beban yang ada di isolasi terpusat yang besar, seperti di Wisma Atlet.

Lebih jauh Presiden Jokowi menekankan agar masyarakat yang menjalani isolasi mandiri tercukupi kebutuhan dasarnya. Yang diutamakan menggunakan mekanisme gotong royong dari masyarakat sekitar, yaitu modal sosial untuk saling membantu dengan didukung pemerintah dan diawasi TNI/Polri.

Sementara untuk pasien yang memiliki gejala (saturasi di bawah 95 persen, sesak nafas, dan sebagainya) serta memiliki komorbid, kata Menkes Budi, akan dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

“Nantinya akan kami atur, bekerja sama dengan TNI/Polri untuk bisa memastikan mana yang dialokasikan di isolasi mandiri atau isolasi terpusat atau memang dibawa ke rumah sakit (RS). Kita akan pastikan koordinasi dari rujukan ke seluruh rumah sakit akan kami atur,” kata Menkes Budi.***ta

X
X
close